Contact Online
CONTACT 1
Id YM
CONTACT 2
Id YM
Jumlah Pengunjung

Video tentang Klaster

 

Launching AKsI

image

Sebanyak 80 klaster usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jawa Tengah kini bergabung dalam Asosiasi Klaster Indonesia (AKsI) yang baru saja diluncurkan di Semarang, Selasa (30/4). Asosiasi yang dikukuhkan oleh Plh Sekda Jateng Sri Puryono mewakili gubernur ini diharapkan bisa memperkuat jaringan dengan pemerintah pusat termasuk dengan negara atau lembaga donor.

Ketua AKsI Agus Suryono mengungkapkan, keberadaan asosiasi ini akan membantu mengintegrasikan stakeholder agar bisa memfasilitasi klaster yang sudah mulai berkembang. Koordinasi dan pengembangan jaringan serta inovasi produk menjadi poin penting untuk membangun klaster yang sangat beragam di Jateng.

Menurut dia, persoalan klaster saat ini lebih didominasi masih lemahnya sumber daya manusia (SDM) dan bahan baku. Namun dengan dukungan penuh pemerintah diharapkan bisa mendongkrak performa klaster khususnya di Jateng.

Saat ini memang baru 80 klaster yang bergabung menjadi anggota asosiasi, namun ke depan ditargetkan sedikitnya bisa 124 klaster. Sejumlah klaster unggulan yang potensial diantaranya, biofarmaka, jagung, kentang, furniture, kerajinan hingga konveksi.

''Di Jateng ini ada 200 klaster tapi ke depan AKsI juga akan menggaet klaster yang sudah berkembang luar provinsi seperti misalnya di Kalimantan Barat atau Jawa Barat,'' kata Agus Suryono di sela Semiloka Nasional Pengembangan Klaster UMKM di Indonesia di Hotel Grasia Semarang.

Ketua Klaster Biofarmaka Kabupaten Karanganyar Suparman menilai, asosiasi yang baru diluncurkan ini diharapkan mampu memetakan komoditas andalan masing-masing wilayah. Selain itu perlu juga memperluas jaringan dan penetrasi pasar yang selama ini masih lebih banyak bergerak di dalam negeri.

Sumber: suaramerdeka.com

 

Thu, 2 May 2013 @14:20


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 AKsI · All Rights Reserved



RSS Feed