Contact Online
CONTACT 1
Id YM
CONTACT 2
Id YM
Jumlah Pengunjung

Video tentang Klaster

 

Link & Match Klaster UMKM

image

Inovasi merupakan faktor penting dalam mendukung perkembangan ekonomi dan daya saing daerah. Terjadinya pergeseran ekonomi berbasis industri menuju ekonomi berbasis pengetahuan menunjukkan bahwa pengetahuan dan inovasi merupakan faktor yang semakin menentukan dalam kemajuan ekonomi.

Strategi efektif guna membangun pola pikir untuk peningkatan pembangunan daya saing adalah melalui kolaborasi membangun networking antara pemerintah (pusat/daerah), investor dan inventor. Komponen tersebut kemudian melakukan evaluasi kerangka regulasi untuk mendorong kolaborasi bersama dalam pembuatan kebijakan insentif (sistem maupun nominal) serta peningkatan jiwa kewirausahaan.

Inovasi tidak dapat berjalan secara parsial, harus merupakan kolaborasi antar aktor yang saling berinteraksi dalam suatu sistem yang disebut sebagai sistem inovasi. Sistem inovasi merupakan suatu kesatuan dari sehimpunan aktor, kelembagaan, hubungan interaksi dan proses produktif yang mempengaruhi arah perkembangan dan kecepatan inovasi dan difusinya serta proses pembelajaran. Inti dari sistem inovasi adalah jaringan atau network. Para aktor utama inovasi dapat dikelompokkan dalam tiga subsistem yang terdiri dari subsistem politik terdiri dari aktor pemerintah (legislatif, eksekutif dan yudikatif), subsistem pendidikan, penelitian dan pengembangan (inovation provider) yang dapat terdiri dari aktor pendidikan dan pelatihan profesi, pendidikan tinggi dan lembaga riset industri/swasta maupun riset pemerintah, subsistem industri terdiri dari perusahaan (besar, menengah, dan UMKM Klaster).

Memperhatikan pentingnya jejaring/network dalam sistem inovasi, Asosiasi Klaster Indonesia (AKsI) akan menyelenggarakan acara Link & Match Klaster UMKM dengan pihak akademisi, perbankan dan pemerintah pada hari Selasa, 30 April 2013 di Hotel Grasia, Semarang. Acara tersebut akan dilaksanakan pada jam 14.00 WIB setelah acara Semiloka Nasional dan Lauching AKsI. Output dari acara tersebut diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan kerjasama antara Klaster UMKM dengan pihak Akademisi dalam hal pengembangan dan pemanfaatan teknologi tepat guna untuk meningkatkan produktivitas klaster UMKM dan pihak perbankan melalui akses permodalan.

Bagi yang berminat untuk mengikuti acara Link & Match tersebut dapat menghubungi Dita (085727595900) atau Eny (08179502024).

Sun, 28 Apr 2013 @12:38


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 AKsI · All Rights Reserved



RSS Feed