Contact Online
CONTACT 1
Id YM
CONTACT 2
Id YM
Jumlah Pengunjung

Video tentang Klaster

 

Manfaat Klaster

image

Manfaat klaster dilihat dari skala makro dan mikro :

Secara makro, klaster bermanfaat dalam hal terjadinya perubahan-perubahan bagi UKM khususnya dalam hal mempersiapkan adanya globalisasi dan internasionalisasi serta adanya persaingan yang terus meningkat. Klaster juga meningkatkan adanya teknologi baru, inovasi, peningkatan produktifitas yang rendah, peningkatan kualitas manajemen, pelatihan dan pendidikan, peningkatan kompetensi inti, akses pasar dan akses permodalan, integrasi ke arah ranta nilai, penempatan pasar dan merek dagang.

Sedangkan dari skala mikro manfaat klaster adalah :

  1. Bagi para anggota klaster (internal) : mendapatkan keuntungan ekonomi melalui kerjasama, khususnya bagi usaha kecil dan mikro, adanya serangkaian sumber daya yang berkompeten. kisaran ekonomi dengan adanya rantai-nilai, pemasaran dan penempatan pasar(promosi ekspor), penyediaan jasa-layanan klaster, mendapatkan akses lebih baik untuk memperoleh input berbagai faktor dan pengetahuan, adanya optimalisasi biaya karena pembagian sumber pembiayaan dan daya-tawar secara kolektif, lobi-lobi yang efisien, akuisisi berbagai proyek dan dukungan Pemerintah,. adanya stakeholder yang saling terintegrasi, klaster sebagai ‘sistem inovasi' memberikan nilai tambah bagi peningkatan produktivitas.
  2. Bagi para klien (ekternal) : memudahkan karena satu-atap untuk para klien, adanya skala: ‘Satu-Sumber', rantai-nilai yang efisien, adanya proses pengembangan, kualitas manajemen yang lebih baik karena diorganisir, penyatuan tenaga kerja (SDM), karena berkumpul dalam satu lokasi, adanya jasa-layanan portofolio terintegrasi, pengurangan biaya dan fleksibilitas, kemampuan tanggap cepat (T2M).

(diambil dari cluster management - GTZ)


Wed, 10 Apr 2013 @20:25


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 AKsI · All Rights Reserved



RSS Feed